Selasa, Desember 12, 2017
Home > Berita Pendidikan > SMA N 1 Patimuan Adakan Seminar Memperingati Hari Santri Nasional

SMA N 1 Patimuan Adakan Seminar Memperingati Hari Santri Nasional

Portalcilacap.com – Hari Santri Nasional yang diperingati pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016 kemarin, adalah peringatan yang ke-2 setelah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2015 lalu.

Berbeda pada tahun sebelumnya, ketika hari Santri Nasional baru ditetapkan, peringatan hari Santri Nasional tahun ini lebih terasa kemeriahannya. Termasuk yang dilakukan sekolah SMA Negeri 1 Patimuan, pada Senin (24/10/2016) pagi.

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Rohani Islam (ROHIS) Nurus Salam SMAN 1 Patimuan, serta ratusan siswa di sekolah tersebut ikut andil memeriahkan Hari Santri Nasional, dengan mengadakan acara bartajuk Seminar Keagamaan.

seminar hari santri nasional sma n 1 patimuanSelain dalam rangka memperingati hari santri, kegiatan positif itu diharapkan dapat memperkuat akhlak serta mengantisipasi krisis moral siswa, yang selama ini menjadi momok yang menakutkan.

Hal senada juga dikatakan staf pengajar yang juga pembina ROHIS Nurus Salam, Kuswara saat ditemui portalcilacap.com Sengaja, pihaknya turut berpartisipasi dalam moment hari santri nasional ini, dengan mengadakan kegiatan seminar keagamaan yang dimotori oleh OSIS serta ROHIS SMAN 1 Patimuan itu.

“Anak – anak sekarang ini, cenderung krisis mental juga moral, sangat memprihatinkan. Itu pengaruh dunia luar yang begitu kuat, sehingga anak – anak pergaulannya kurang terkontrol,” katanya.

Hadir menjadi narasumber, KH. Hasan Mas’ud, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Rubat Mbalong Tambaksari, sangat mengapresiasi kegiatan itu, menurutnya, kegiatan yang jarang di adakan di sekolah formal lain, nantinya diharapkan sedikit banyak dapat menambah wawasan agama serta memperkuat akhlak siswa. Sehingga, hubungan siswa dengan guru semakin harmonis. Serta, menjadi manusia yang ber-akhlak. Puncaknya, akan tercipta pelajar atau siswa yang akhlaknya mulia.

“Seorang pelajar harus patuh kepada seorang guru. Kemuliaan pelajar, ada pada akhlaknya.” Jelas Kiai lulusan salah satu Universitas ternama di Yaman.

Selain itu, beliau juga menekankan kepada siswa SMAN 1 Patimuan khususnya, yang notabene akan menjadi generasi penerus kelak, untuk tetap menjaga Tata Krama, kesopanan kepada guru, ulama serta orang tua agar menjadi pelajar yang berakhlak mulia.(rs)

(Visited 35 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *