Minggu, Agustus 19, 2018
Home > Berita Cilacap > Semaci UIN Walisongo Bangga Bangun Desa

Semaci UIN Walisongo Bangga Bangun Desa

Portalcilacap.com-Sedulur Mahasiswa Cilacap (Semaci) UIN walisongo semarang menyelenggarakan kegiatan untuk berbakti kepada masyarakat yaitu melalui kegiatan Bakti Sosial. Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Citepus,kecamatan jeruk legi,kabupaten Cilacap. Bakti sosial Semaci ini adalah kegiatan perdana bagi para anggota semaci ,sebab Semaci baru berdiri sekitar tahun lalu  yakni tahun 2017. Semaci adalah organisasi daerah bagi mahasiswa cilacap yang belajar di UIN walisongo Cilacap.

Dengan mengangkat tema “Satu Langkah untuk Peduli Satu Hati untuk Berbagi”, kegiatan ini dapat menunjukan bentuk kepedulian Semaci kepada masyarakat yakni dengan Bangga Bangun Desa seperti kegiatan Bakti sosial. Kegiatan baksos ini disambut gembira oleh Kepala Desa Citepus yakni bapak Sukirman . Menurutnya, ilmu yang dimiliki mahasiswa jangan hanya jadi menara gading. “Ilmu yang dimili harus membumi supaya dapat menjalankan Tri Darma perguruan tinggi,”tungkasnya. Masyarakat desa citepus menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan semaci sangat bermanfaat  dan juga membantu. Mereka berharap setelah kegiatan ini selesai masih ada kegiatan-kegiatan seperti ini di desa-desa lain.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yakni mulai tanggal 20-22 juli 2018 lalu. Pada hari pertama dilakukan acara pembukaan yakni pada pukul 13.00 WIB. Setelah itu,dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan pertanian yang dipandu oleh Penyuluh Pertanian Lapangan(PPL) Jeruk Legi bapak Sarsito. Pada kegiatan tersebut beliau menjelaskan penanaman kedelai. Warga menyambut dengan antusias kegiatan ini, mereka berharap kegiatan ini sering dilakukan.

Agenda hari kedua Baksos ini adalah kerja bakti dan seminar pendidikan di SDN 01 dan SDN 02 Citepus. Kegiatan Kerja bakti dilakukan disekitar lapangan dan rumah-rumah warga ,ini untuk persiapan menyambut HUT RI ke-73 dan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Selain 2 kegiatan diatas ada juga kegiatan lain seperti lomba adzan, lomba cerdas cermat, lomba hafalan surat pendek dan terakhir lomba makan kerupuk. Kegiatan hari kedua ini diakhiri dengan menonton film bersama tentang motivasi pendidikan.

Kegiatan Baksos hari terakhir adalah jalan sehat,bazar murah,penyuluhan tentang kesehatan dan terakhir santunan anak yatim. Jalan Sehat dilaksanakan pukul 07.00 bertempat di balai desa Citepus. Dalam kegiatan ini Semaci bekerja sama dengan anggota DPRD cilacap. Jalan Sehat dibuka oleh Bapak Darimun S.Sos selaku anggota DPRD cilacap. Warga sangat semangat mengikuti jalan sehat walau jaraknya lumayan jauh dan juga keadaan jalan yang rusak tetapi itu semua tidak menyurutkan semangat warga untuk terus mengikutinya. Jalan Sehat ini diikuti sekitar 500 warga. Kegiatan hari terakhir ini mengankat tema “One day no rice”,tema ini bertujuan untuk memanfaatkan hasil bumi warga citepus. Hasil bumi yang disediakan oleh warga yakni berupa makanan tradisional yang mungkin sekarang jarang kita jumpai seperti oyek,lontong,mendoan,intil,getuk,cimplung,gembus,lapis,kluban,dll.

Setelah Jalan sehat selesai,warga langsung menyerbu stand makanan dengan antusias. Disisi lain ada juga warga yang menyerbu stand bazar baju dan sembako murah. Dalam kurun waktu kurang dari 1 jam semua makanan dan sembako ludes diserbu warga. Disela-sela warga sedang makan dari pihak panitia baksos membagikan doorprize kepada warga yang beruntung. Doorprize yang dibagikan berupa kipas angin,dispenser,setrika,kompor,dan alat-alat dapur lainya. Disamping acara pembagian doorprize terdapat juga kegiatan penyuluhan dan screening penyakit tidak menular dari pihak kesehatan puskesmas jeruk legi. Banyak para orang tua yang mengikuti penyuluhan kesehatan itu. Dalam penyuluhan ini tersedia cek gula darah gratis dan juga cek tensi darah gratis. kegiatan itu semua berakhir sebelum adzan dzuhur berkumandang. Setelah dzuhur dilanjutkan kembali acara terakhir yakni santunan anak yatim dan juga penutupan. (hani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *