Kamis, Desember 14, 2017
Home > BERITA > Sedang Rapat, Atap Aula P dan K Kecamatan Dayeuhluhur Roboh

Sedang Rapat, Atap Aula P dan K Kecamatan Dayeuhluhur Roboh

Diduga karena kesalahan konstruksi, sebuah gedung aula milik Unit Pelaksana Teknis Pendidikan dan Kebudayaan (UPT. P dan K) Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, roboh, Sabtu 29 Juli 2017.

Kejadian robohnya atap gedung terjadi sekitar pukul 09.50 WIB, saat sedang berlangsung rapat guru penjaskes. Sedikitnya 30 orang guru sempat berada dalam gedung sesaat sebelum roboh. Salah seorang saksi, Tusmiyanto menuturkan, sempat mendengar suara retak dibagian plafon, setelah itu, dia keluar ruangan dan melihat plafon bagian luar sudah mulai jatuh.

Seketika, Tusmiyanto langsung menginstruksikan kepada seluruh peserta rapat yang masih didalam ruangan untuk segera keluar meninggalkan aula. Beberapa menit setelah seluruh peserta keluar dari ruangan aula, kemudian bangunan atap aula roboh rata dengan tanah.

image
Diduga, penyebab robohnya atap bangunan, karena konstruksi atap dari bahan baja ringan tidak mampu menahan beban genteng yang terbuat dari tanah liat.

Kepala UPT. P dan K Kecamatan Dayeuhluhur, Tugas Supriyatno saat ditemui mengatakan, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut. Lebih lanjut, beliau menjelaskan sesaat setelah roboh, pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Kami langsung koordinasi dengan Forkompimca, Kapolsek, Koramil, kemudian melalui alur kedinasan kami juga langsung berkoordinasi dengan Dinas P dan K Kabupaten,” kata Tugas.

Dugaan sementara, penyebab robohnya atap bangunan, karena konstruksi atap dari bahan baja ringan tidak mampu menahan beban genteng yang terbuat dari tanah liat.

Gedung aula tersebut dibangun pada 2014 oleh kontraktor CV. Karya Nugraha, pemenang tender DCKTR Kabupaten Cilacap dengan nilai kontrak hampir 600 juta rupiah. Meski tidak menimbulkan korban, namun kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.

Reporter : Rachman Syarif

(Visited 71 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *