Selasa, Desember 12, 2017
Home > PESANTREN > Semangat Santri Ikuti Upacara Hari Santri

Semangat Santri Ikuti Upacara Hari Santri

upacara-hari-santri-kedungreja-cilacapPortalcilacap.com –  Sabtu 22 Oktober 2016 menjadi peristiwa penting bagi seluruh santri di penjuru nusantara, karena tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Santri Nasional untuk mengenang perjuangan ulama dan santri dalam perjuangan bangsa Indonesia.

Seperti halnya di Kedungreja, ribuan santri ikut serta memperingatinya dengan upacara di lapangan terbuka di Kedungreja Sabtu (22/10/2016).

Meski lokasi lapangan tidak mendukung, karena malam sebelumnya diguyur hujan yang mengakibatkan lapangan becek dan terdapat genangan air di beberapa titik. Namun, peserta upacara yang terdiri dari seluruh santri se Kedungreja, pengurus IPNU dan IPPNU kedungreja serta Siswa SMA,MA dan satuan BANSER tetap khidmat mengikuti rangkaian upacara.

Tak tekecuali, pasukan pengibar bendera (Paskibra) dari MA Syamsul Huda Kedungreja pun turut berbecek ria di tengah lapangan saat akan mengibarkan bendera merah putih.

perayaan-hari-santri-kedungreja-cilacap

Terlihat anggota paskibra rela ‘nyebur’ di genangan air yang ada di tengah lapangan. Meskipun begitu, mimik muka mereka masih serius dan terus melangkah tegap demi mengibarkan sang merah putih.

Fatma, salah satu anggota pasukan paskibra mengatakan, walaupun lokasi upacara kurang mendukung, bukan jadi halangan buat mereka, sementara Nur Afni, yang bertugas mengibarkan bendera mengatakan, pengorbanannya tidak sebanding dengan ulama dan santri terdahulu.

“Alhamdulillah berjalan lancar, walaupun becek tetap kami terjang, demi agama apapun kami lakukan.” kata Nur Afni.

Mereka mengaku sangat bangga dapat berpartisipasi mengibarkan bendera di hari santri nasional, meski keadaan lapangan kurang mendukung, mereka tetap serius menjalankan tugas mulia itu.

Perlu diketahui, Hari Santri Nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, diperingati dengan melakukan upacara serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kedungreja dan sekitarnya.(csn|rs)

(Visited 60 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *