Selasa, Desember 12, 2017
Home > BERITA > Pramuka Kedungreja Gelar Seminar KRR dan Penyalahgunaan Narkoba di SMAN 1 Kedungreja

Pramuka Kedungreja Gelar Seminar KRR dan Penyalahgunaan Narkoba di SMAN 1 Kedungreja

Masa remaja, adalah kawasan yang rawan terhadap penyalahgunaan narkoba serta kenakalan remaja. Hal itu mendorong Kwartir Ranting Kedungreja bekerjasama dengan pihak SMA Negeri 1 Kedungreja, Cilacap, untuk memberikan penyuluhan berupa seminar bertajuk Penyalahgunaan Narkoba dan Kesehatan Reproduksi Remaja, Minggu 13 Agustus 2017,

Acara yang bertempat di aula sekolah tersebut melibatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Palang Merah Remaja (PMR) serta perwakilan Anggota Pramuka dari setiap SMA/SMK di Kedungreja.

Kepala Sekolah, Drs. Kusworo, M.Pd melalui Pembina Pramuka SMAN 1 Kedungreja Yeti Damayanti menuturkan, sangat prihatin dengan kasus-kasus terbaru tentang penyalahgunaan narkoba terutama obat-obatan berbahaya serta kenakalan remaja.

Menurutnya, pengetahuan tentang Narkoba sangat penting agar supaya siswa paham tentang efek negatif akibat penyalahgunaan narkoba. Sehingga, nantinya siswa bisa membatasi pergaulan yang kemungkinan menjurus kepada penyalahgunaan narkoba serta kenakalan remaja.

“Karena tanggungjawab kedepan bukan hanya tanggung jawab pendidik saja atau orang tua saja. Tapi masing-masing siswa atau remaja mempunyai tanggungjawab yang sama untuk melindungi pergaulan dimasyarakat. Jadi, mudah-mudahan acara ini bermanfaat,” kata Yeti.

image
Pentingnya pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja karena remaja sekarang banyak yang pergaulan bebas, harus diketahui anak remaja agar mereka jangan sampai terjerumus dengan hal-hal yang negatif. (Foto : Joko Kebluk)

Dalam seminar tersebut, selain menyampaikan bahaya tentang penyalahgunaan Narkoba, Taufik Yulianto selaku pemateri juga memberikan pengertian tentang bagaimana pentingnya menjaga kesehatan reproduksi remaja. Hal itu, menurutnya sangat penting. Lebih lanjut, Taufik menjelaskan, sejak dini mereka berhak tahu tentang kesehatan reproduksi. Diharapkan, dengan adanya seminar tersebut, mereka bisa paham dan menjadi remaja yang bisa mengetahui hal yang harus dihindari dan harus dilakukan.

“Itu penting, karena remaja sekarang banyak yang pergaulan bebas, harus diketahui anak remaja agar mereka jangan sampai terjerumus dengan hal-hal yang negatif. Sehingga adanya seminar kesehatan reproduksi remaja ini sangat penting. Pentingnya yaitu, memberikan pembelajaran sejak dini kepada mereka(remaja) yang sedang tumbuh agar menjadi remaja yang baik, intinya disitu,” kata Taufik.

Reporter : Rachman Syarif/Joko Kebluk

(Visited 95 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *