Senin, Januari 22, 2018
Home > Info Teknologi > Ponsel Android Menjadi Lambat? Begini Cara Mengatasinya!

Ponsel Android Menjadi Lambat? Begini Cara Mengatasinya!

Pernah mengalami Android super lelet? Rasanya, nggak enak kan? Ini bukan perkara baru. Kamu pasti penasaran kok bisa ya si Android jadi lelet begini? Ini dia alasan dan cara mengatasinya.

Dilansir dari Jalan Tikus, begini cara mengatasi ponsel android yang mulai lelet;

1. Terlalu Banyak Aplikasi

Salah satu penyebab Android sering hank yaitu terlalu banyak aplikasi. Bayangin aja kalau ruang penyimpanannya cuma 2 GB dan kamu ngisi aplikasi sampai 20-an? Apalagi kalau setiap aplikasi sampe beratus-ratus MB, wajar dong kalau sedikit lemot.

Cara mengatasinya cukup mudah. Kamu hanya perlu menghapus sebagian aplikasi di Android milikmu. Sebelum aplikasi dihapus, coba sortir lagi aplikasi mana yang benar-benar penting dan mana yang nggak terlalu penting.

Selain itu, kamu juga perlu mengupdate sistem operasi dan semua aplikasi di Android secara rutin. Kalau sudah ada pemberitahuan untuk diperbarui, langsung perbarui aja. Pembaruan dilakukan untuk mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut. Jadi, sistem operasinya juga berjalan mulus tanpa lelet.

2. Kebanyakan Histori

Histori yang dimaksud bukan histori saat kamu searching di Google atau Mozilla, melainkan histori aplikasi yang sudah dijalankan. Misalnya nih kamu buka Instagram, 2 menit kemudian kamu buka Facebook, dan seterusnya. Nah, histori aplikasi inilah yang buat Androidmu jadi lambat. Bayangkan saja kalau kamu menggunakan Android selama 1 minggu dan sama sekali tidak membersihkan historinya, mungkin historinya sudah sampai ratusan bahkan ribuan ya.

Untuk itu, kamu perlu menghapus seluruh histori secara rutin. Sehabis aplikasi digunakan, kamu bisa langsung hapus historinya supaya tidak menumpuk, menumpuk, dan menumpuk sampai Android jadi hang. Kalau nggak, kamu bisa hapus histori setiap dua atau tiga hari sekali. Yang penting jangan terlalu lama, deh!

Oh iya, selain buat kinerja Android semakin lambat, histori ini juga memakan memori. Jangan sampai Android milikmu hang dan kehabisan memori hanya karena riwayat aplikasi.

3. Ruang Penyimpanan Terlalu Sedikit

Ruang penyimpanan sangat berpengaruh pada jumlah aplikasi yang dapat kita instal. Kalau ruang penyimpanannya kecil, jumlah aplikasinya pasti sedikit. Sebaliknya, kalau ruang penyimpanan besar, jumlah aplikasinya pun semakin banyak.

Ruang penyimpanan di sini bukan hanya penyimpanan internal, tapi juga RAM dan penyimpanan eksternal. Pada umumnya, RAM dan memori internal sebagian sudah dipakai untuk install aplikasi bawaan Android. Nah, sisa memori itulah yang benar-benar harus Sobat manfaatkan untuk download atau install aplikasi yang penting. Kalau sampai Sobat memaksakan memori yang sedikit itu untuk menampung aplikasi yang banyak, otomatis kinerja Android akan lambat.

4. Jangan Lupa Memasang Booster Otomatis

Untuk mencegah lambat atau lelet, kamu juga bisa tuh pasang aplikasi booster atau clean up otomatis di Android. Aplikasi ini biasanya menunjukkan jumlah “sampah” yang harus segera dibersihkan. Ketika jumlah histori atau “sampah” sudah terlalu banyak, aplikasi ini akan memperingatkan untuk dibersihkan. Beberapa aplikasi booster juga sudah ada yang otomatis. Artinya bisa booster setiap saat ketika Android mulai hang.

Itu dia penyebab ponsel Android mulai lambat dan cara simple untuk mengatasinya. Intinya, sayangi Android milikmu agar bisa bertahan lama. Jangan sampai baru dua bulan pemakaian, Android milikmu harus sudah diganti karena dirimu tidak sanggup merawatnya dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *