Kamis, Desember 14, 2017
Home > BERITA > Polres Cilacap Berhasil Membongkar Sindikat Peredaran Sabu

Polres Cilacap Berhasil Membongkar Sindikat Peredaran Sabu

Pelaku dikendalikan oleh adiknya yang berstatus sebagai warga binaan Lapas Nusakambangan

Cilacap – Satuan Reserse Narkoba Polres Cilacap berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis sabu-sabu. Dari pengungkapan kasus tersebut, petugas berhasil menangkap seorang pelaku yang berperan sebagi pengedar inisial AMD alias Ogleg (40) warga Jalan Menur, Cilacap.

Pelaku ditangkap di Jalan Teri Cilacap pada Rabu (25/10/2017) lalu. Petugas berhasil menyita 19 paket kecil sabu-sabu, 3 buah handphone, timbangan digital, alat hisap sabu, uang tunai Rp1,6 juta serta beberapa buku tabungan.

“Awalnya petugas hanya menemukan 2 paket sabu kecil yang dibawa oleh pelaku. Namun setelah dilakukan penggeledahan rumah di Jalan Kutilang Cilacap, petugas menemukan 19 paket siap edar,” kata Wakil Kepala Polres Cilacap Komisaris Polisi Hary Ardianto saat press rilis, Jumat (27/10/2017).

Atas temuan barang bukti, Polisi terus melakukan pengembangan dan memperoleh pengakuan bahwa pelaku mendapat barang haram itu dari seorang rekan yang berada di wilayah Parakan, Temanggung, Jawa Tengah.

“Dari keterangan pelaku, dia dikendalikan oleh adik kandungnya yang saat ini masih menjalani hukuman di sebuah lapas di Pulau Nusakambangan,” ujar Kompol Hary Ardianto.

Lebih lanjut, Kasat Narkoba Polres Cilacap Ajun Komisaris Sumanto mengungkapkan, adik tersangka yang berstatus sebagai warga binaan Lapas Nusakambangan itu mengendalikan penyediaan barang dengan menggunakan ponsel dari dalam lapas.

“Setelah kami mendapat identitas, kami berkoordinasi dengan pihak lapas untuk mencari adik tersangka, dan yang bersangkutan telah kami amankan untuk dimintai keterangan,” ujarnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal primer 114 ayat (2) dan sub pasal 112 ayat (2) UU 35 tahun 2009, dengan ancaman hukuman paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun.

Rep : Rachman Syarif

(Visited 21 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *