Sabtu, Mei 26, 2018
Home > BERITA > Perangkat Desa Sidamukti Dilatih Kelola Website

Perangkat Desa Sidamukti Dilatih Kelola Website

Patimuan – Pemerintah Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, menggelar pelatihan pengelolaan teknis website bagi aparatur desa, Jum’at 11 Agustus 2017.

Pelatihan yang bertujuan mengembangkan kebijakan sistem informasi desa berbasis web itu didampingi langsung oleh PuskoMedia Indonesia sebagai pengembang web desa.

image
Meskipun baru, website milik Desa Sidamukti terus dikembangkan.(Rachman)

Dengan adanya sistem informasi berbasis online, Desa Sidamukti diharapkan mampu mereplikasi desa-desa di daerah lain yang telah berhasil mengaplikasikan sistem informasi desa berbasis online sebagai jendela penyajian informasi seputar program pemerintahan desa, transparansi anggaran dan promosi produk-produk unggulan.

Sekertaris Desa (Sekdes) Sidamukti, Kuswara mengatakan, selain transparansi penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) dan informasi terkait kebijakan dan perbaikan layanan desa. nantinya website desa juga difungsikan sebagai media pengenalan produk-produk UMKM unggulan di desa tersebut.

“Untuk memperkenalkan produk-produk yang ada di Desa Sidamukti. Harapannya, ketika punya website desa, nanti kita rekrut operator, kita buatkan ruang, untuk kemudian bagaimana produk-produk masyarakat bisa dipajang. Terus kemudian disebar luaskan melalui media website tersebut,” kata Kuswara saat ditemui.

image
Perangkat Desa Sidamukti saat latihan membuat konten di website desa

Lebih lanjut, Kuswara menjelaskan, selain informasi offline yang selama ini digunakan, sistem informasi berbasis online ini nantinya diharapkan menjadi salah satu akses informasi secara cepat terkait kegiatan-kegiatan yang sudah, maupun akan dilaksanakan di Desa Sidamukti. Apalagi, masyarakat desa khususnya kaum muda, dewasa ini sudah banyak menggunakan internet untuk mencari informasi.

Reporter : Rachman Syarif

One thought on “Perangkat Desa Sidamukti Dilatih Kelola Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *