Rabu, Oktober 24, 2018
Home > BERITA > Mendidik yang Menarik, Komunitas Adakan Pelatihan Mendongeng

Mendidik yang Menarik, Komunitas Adakan Pelatihan Mendongeng

Sidareja, Cilacap – Aktivitas mendongeng memiliki banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang. Mendongeng juga bisa dijadikan sarana orang tua untuk memberikan nasihat kepada anak.

Latar belakang tersebut yang kemudian mendorong sebuah komunitas dongeng di Cilacap untuk mengadakan kegiatan patihan dongeng motivasi, Minggu (21/1).

Pelatihan yang bertempat di Balai Desa Sidareja, Kecamatan Sidareja, Cilacap itu, diikuti sedikitnya 60 peserta dari berbagai kalangan. Namun, kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai guru di lembaga pendidikan TK, TPQ dan SD.

Tak tanggung-tanggung, pemateri dongeng diisi oleh Tedi Kartino, Ketua Kampung Dongeng Jateng sekaligus Pendongeng dan Motivator di Kampung Dongeng Indonesia. Dalam materinya, peserta diberikan pemahaman tentang dongeng, manfaat dongeng untuk anak, bagaimana memilih cerita yang mengedukasi, bahkan teknik-teknik dongeng dari mulai gesture tubuh, mimik muka hingga mengubah vokal suara.

Lelaki asli Kota Tegal yang biasa disapa Kak Tedi itu beranggapan, dongeng dapat mempererat hubungan antara orangtua dan anak atau guru dan murid. Selain itu, mendongeng juga dapat merangsang imajinasi anak, menambah pengetahuan, dan yang paling penting, bisa menjadi sarana mendidik anak dengan cara yang menarik.

“Media mendidik anak itu bermacam-macam. Salah satunya  dengan dongeng. Dengan mendongeng, kita bisa mendidik atau menasehati mereka (anak), tanpa mereka sadari bahwa sedang dinasehati,” kata Tedi disela-sela materi.

(Baca juga : Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan dengan Dongeng)

Sementara itu, pelopor komunitas Kampung Dongeng Cilacap, Muti’atus Sa’adah mengharapkan, dari pelatihan ini nantinya bisa menelurkan bibit-bibit pendongeng baru. Menurutnya, dongeng merupakan salah satu cara menarik dalam mendidik atau menasehati anak. Dia juga mengajak bagi pencinta dongeng untuk bergabung menjadi relawan dikomunitas dongeng satu-satunya di Cilacap itu.

“Selain memberikan pelatihan, kegiatan ini juga dalam rangka mengenalkan Kampung Dongeng Cilacap. Setelah nanti jalan, kita bisa bersinergi dengan lembaga-lembaga pendidikan seperti SD, TK dan TPQ,” pungkas Muti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *