Selasa, Februari 20, 2018
Home > Info Kesehatan > Lima Manfaat Buah Ciplukan

Lima Manfaat Buah Ciplukan

portalcilacap.com – Buah mungil tidak lebih besar dari kelereng ini memiliki rasa kecut-manis, berwarna hijau-kuning, dibungkus kulit tipis. Dahulu, buah ini dikenal sebagai tanaman liar, tak punya nilai jual, dan dianggap gulma.

Ciplukan atau Physalis angulata L. Biasa tumbuh di kebun, tegalan, tepi jalan, semak, atau hutan. Meskipun sering diabaikan, ciplukan ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, khusus pasa buahnya.

Kandungan Gizi Buah Ciplukan

Buah ciplukan mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dimana buah ciplukan mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E. Selain itu, buah ini juga mengandung senyawa antioksidan, asam malat, dan berbagai senyawa lainnya.

Lalu, Apa saja sih manfaat buah ciplukan untuk kesehatan?

Berikut kami sajikan 5 manfaat buah ciplukan.

1. Mencegah Diabetes

Manfaat pertama buah ciplukan adalah untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan tanaman ciplukan, baik bagian batang, daun, hingga buahnya mengandung suatu senyawa yang berkhasiat dalam menurunkan dan mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes.

2. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Buah ciplukan ternyata juga dipercaya memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit kanker. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung antioksidan tinggi yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

3. Membantu Mengobati Penyakit Epilepsi atau Ayan

Khasiat buah ciplukan dapat digunakan untuk mengobati penyakit epilepsi atau ayan. Dimana kandungan senyawa asam dan berbagai mineral yang terdapat dalam buah ciplukan secara efektif dapat membantu memperbaiki sel-sel saraf yang rusak sehingga dapat membantu mengobati penyakit epilepsi atau ayan.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat buah ciplukan yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan senyawa lain yang hadir dalam buah ciplukan dapat berperan sebagai zat anti inflamasi sehingga dapat mencegah dan mengobati radang tenggorokan, sariawan, gusi berdarah, dan beberapa masalah kesehatan terkait mulut lainnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Seperti yang telah diketahui bahwa tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke. Pada kasus ini, buah ini yang diolah menjadi jus buah ciplukan telah dipercaya dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Demikian lima manfaat buah ciplukan bagi kesehatan. Tertarik untuk berkebun ciplukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *