Selasa, Desember 12, 2017
Home > Info Pasar > Kresek Bekas Menjadi Bernilai

Kresek Bekas Menjadi Bernilai

Portalcilacap.com-Tas kresek bekas merupakan sampah yang memiliki dampak paling ‘mengerikan’ bagi lingkungan. Sebab, butuh  ratusan tahun agar sampah plastik dapat terurai dalam tanah.

Sering dijumpai tas kresek bekas berserakan di halaman rumah belakang. Tas kresek, kerap kali menjadi sampah yang terbuang setelah dipakai untuk bungkus, sebab ia tidak laku dijual. Berbeda, dengan sampah botol plastik. Sampah kantong plastik tidak bisa di perjual belikan kembali seperti botol plastik, hal ini menjadikan kantong plastik bekas sering di pandang sebelah mata cenderung di acuhkan.

Namun, dibalik ‘angker’ dan tidak bergunanya sampah kantong plastik. Ia memiliki nilai kreatifitas yang tinggi, ternyata di tangan Sri Mulyani alias Ncie bisa disulap jadi tas indah dan bernilai ekonomis.

fb_img_1473315701419-01

Dilansir dari akun facebook Umkm Sidareja Cilacap, perempuan asal Jakarta yang menggagas komunitas “Merajut Indonesia” disela – sela Pelatihan Tas Rajut dari Plastik Kresek yang di adakan di Sekretariat Forum UMKM Kab. Cilacap Jl. Wangkal Gumilir, Kamis (8/9) mengatakan. dengan memanfaatkan tas kresek tersebut maka bisa turut andil dalam menyelamatkan lingkungan hidup yang disebabkan oleh sampah plastik.

Ketrampilan yang ditekuni sejak empat tahun lalu, tepatnya tahun 2012 ternyata membuatnya menjadi “duta tas kresek” sampai berkeliling ke beberapa propinsi di Indonesia untuk memberikan pelatihan – pelatihan.

Teknik merajut yang dipelajari dari ibu yang juga seorang perajut, dimanfaatkan oleh Ncie bukan dengan bahan benang, namun menggunakan plastik kresek. Kedepannya diharapkan dengan memanfaatkan plastik kresek bekas. sampah yang selama ini menjadi momok menakutkan bagi lingkungan hidup, dapat menjadi produk kreatif dan berdaya guna serta menghasilkan.(rs)

(Visited 25 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *