Minggu, Juli 22, 2018
Home > Berita Cilacap > Kopi Darat Kumpulane Wong Cilacap (KWC) di Kedungreja

Kopi Darat Kumpulane Wong Cilacap (KWC) di Kedungreja

Cilacapscout.com – Sekelompok pemuda dan pemudi Cilacap yang tergabung dalam Kumpulane Wong Cilacap (KWC) mengadakan Kopdar (Kopi Darat) pada Minggu, 6 Maret 2016. Acara Kopdar bertempat di aula Kecamatan Kedungreja Cilacap.

Kopdar kali ini berlangsung meriah, pasalnya pengurus KWC Bandung yang sengaja berlibur juga turut hadir mengikuti Kopdar tersebut. tak hanya di Bandung saja, paguyuban yang sudah berdiri sejak 2 tahun lalu juga eksis di beberapa kota seperti Jakarta, Cikarang dan sekitarnya.

Meski hanya anggota di Cilacap dan sebagian pengurus KWC Bandung saja yang terlibat Kopdar. Acara Kumpulane Wong Cilacap (KWC) berlangsung meriah. Kini anggota Paguyuban yang berseragam Kaos bertulis “Enyong Rika Guwe Sedulur” itu sudah lebih dari 300 orang, yang hampir semua anggotanya pemuda pemudi rantau dari Cilacap. Saat ditanya alasan didirikannya paguyuban KWC, Edi Kristiawan selaku ketua KWC Cilacap menjelaskan alasan dibentuknya KWC.

“Banyaknya orang-orang cilacap yang ada di perantauan, awalnya kita inisiatif pengen ngumpulin. Lalu Kita kumpulin mereka di monas. dari pada bengong di kost atau kontrakan, jenuh. Lalu dibentuklah KWC” kata Edi yang juga bekerja sebagai karyawan swasta itu.

Selain itu perkumpulan atau paguyuban KWC tidak melulu kumpul – kumpul atau kopdar saja. Mereka yang mempunyai motto “Mencari Seduluran Tanpa Batas” itu, berharap dengan adanya paguyuban ini dapat mempererat tali persaudaraan sesama anak rantau dari Cilacap.

Sementara Edi Siliwangi salah seorang pengurus di KWC Bandung juga menambahkan. Selain Kopdar, KWC juga mempunyai agenda rutin, seperti Bakti Sosial (Baksos), bedah rumah serta bantuan kemanusiaan lainnya. Tak hanya itu saja, ada satu nama kegiatan rutin yang unik dari KWC yaitu Blusukan. Blusukan dalam hal ini adalah berkunjung kerumah anggota untuk bersilaturahmi, hal senada juga disampaikan Ketua KWC Cilacap Edi Kristiawan.

cilacap scout - kumpulane wong cilacap2

“Blusukan adalah silaturahim atau berkunjung ke rumah anggota, ketemu keluarganya, yang pertama. Yang kedua juga silaturahim ke tetangganya. Harapannya untuk mengantisipasi omongan-omongan negative dari masyarakat serta meyakinkan bahwa paguyuban ini tujuannya positif ”. Pungkasnya(RSH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *