Jumat, April 27, 2018
Home > Berita Pendidikan > Kompetisi KSM dan Aksioma Diikuti 1.725 Atlet Madrasah Ibtidaiyah

Kompetisi KSM dan Aksioma Diikuti 1.725 Atlet Madrasah Ibtidaiyah

Portalcilacap.com – Babinsa Karangreja Koramil 07/Maos Serda Suyanto mengawal pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) yang diikuti 1.725 Atlit Madrasah Ibtidaiyah yang berasal dari 19 kota/kecamatan se-Kabupaten Cilacap, Jum’at (28/10).

Kompetisi yang juga dihadiri Camat Maos Edi Suyoto, Kepala UPT Disdikpora Kecamatan Maos Drs. Joko Prasetyo, MM. Pd, Pelda Ahlan serta 7 anggota Koramil 07/Maos, Kapolsek serta 30 orang anggotanya serta Kepala Desa se-Kecamatan Maos itu, bertempat di Lapangan PJKA Kecamatan Maos.

Sebelum pelaksanaan kompetisi dimulai, Babinsa Karangreja Serda Suyanto mengatakan bahwa warga Kecamatan Maos khususnya Desa Karangreja sangat senang ketempatan acara ini.

Menurutnya, Ini merupakan ajang kompetisi yang sangat positif untuk mengali bakat-bakat muda yang berprestasi sehingga bisa berlanjut ke ajang Propinsi. Dia juga berharap, kegiatan seperti ini terus dilaksanakan setiap tahunnya agar dapat membawa nama baik Kabupaten Cilacap ke tingkat Nasional.

Pada kesempatan yang sama Sekda Kabupaten Cilacap Drs. Sutarjo, MM, mengatakan bahwa Kompetisi ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah Ibtidiaiyah (KKMI) Kabupaten Cilacap yang bekerja sama dengan Departemen Agama Kabupaten Cilacap, Stikes Cilacap dan Akper Serulingmas Maos.

Bidang yang di perlombakan dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) diantaranya yaitu Calistung, Pendidikan Agama Islam, Matematika, IPA, Qasidah, Pidato, Puisi, Kaligrafi, MTQ, MHQ. Sedangkan dalam bidang olahraga diantaranya yaitu Futsal, Bola Voly, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Lari dan Catur. Kompetisi ini memperebutkan 50 medali emas, perak dan perunggu.

portalcilacap-com_aksioma1

Saat ditemui, Ketua Panitia KSM dan AKSIOMA, Wasiludin, M.Pd.i mengatakan, penyelenggaraan kompetisisi ini sebagai sarana dalam melakukan pembinaan dan pengembangan serta peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah secara komprehensif melalui penumbuh kembangan budaya belajar, kreativitas, olahraga dan seni di kalangan peserta didik Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten cilacap.

“Ajang ini merupakan bagian integral dari pembangunan Pendidikan Nasional yang diarahkan pada pendidikan jasmani, mental dan rohani serta ditujukan pada pembentukan watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas serta peningkatan prestasi yang membangkitkan rasa kebangsaan nasional.” ungkap Wasiludin.

Lebih lanjut ia menambahkan, kompetisi ini adalah komitmen warga Madrasah se-kabupaten Cilacap yang harus berjalan setiap tahunnya. Walaupun sering mengalami kendala, tetapi warga Madrasah mempunyai komitmen, semangat dan motivasi yang tinggi untuk terus menyelenggarakan kegiatan ini.

“Karena berprestasi itu tidak harus ada biaya yang besar melainkan dengan semangat yang tinggi sehingga pencapaiannya, akan menghasilkan prestasi yang bagus.” pungkasnya.(rs/urip/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *