Rabu, Oktober 24, 2018
Home > Info Kesehatan > Ini Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Ini Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Bila dilihat dari ilmu kimia, kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks yang dihasilkan tubuh dengan bermacam-macam fungsi. Jadi bila takarannya pas, maka kolesterol adalah lemak yang mempunyai peran penting bagi tubuh.

Namun bila jumlahnya berlebihan, kolesterol dalam darah justru akan berbahaya bagi tubuh. Merubah gaya hidup menjadi gaya hidup yang lebih sehat adalah salah satu cara untuk tetap menjaga kadar kolesterol supaya tidak terlalu tinggi. Selain itu, beberapa jenis makann dipercaya bisa berfungsi sebagai makanan penurun kolesterol.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan penurun kolesterol :

JAGUNG
Jagung mempunyai efek menetralisir hati dan melancarkan pengeluaran empedu (kalogaga) sehingga dapat emnurunkan kolesterol.

Cara pemakaian: rebus 50 – 150 gr, lalu minum airnya

JAMBU BIJI
Kandungan pektin pada jambu biji dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dengan cara mengikat kolesterol dan membantu pengeluarannya. Kandungan tanin dalam jambu biji membuat selaput lendir usus tidak mudah menyerap lemak dari makanan

Cara pemakaian: rebus 15 – 30 gr daun jambu biji segar, lalu minum airnya. Makan atau blender buahnya dan minum

JAMUR HIOKO
Rasa jamur hioko adalah manis dan sejuk/dingin. Jamur ini berkhasiat meningkatkan energi vital dan memperkuat kerja limfa sehingga bisa menurunkan kolesterol dan darah tinggi.

Cara pemakaian: 10 – 30 gr jamur hioko kering direbus, kemudian minum airnya dan makan jamurnya

JAMUR KUPING HITAM
Jamur jenis ini berkhasiat menurunkan kadar lemak darah, meningkatkan sirkulasi darah, menguatkan , menghentikan pendarahan, serta menyejukkan dan actifator darah. Kandungan polisakarida yang terdapat pada jamur kuping mempunyai efek menurunkan kolesterol jahat sehingga mencegah terjadinya plak pada pembuluh darah yang merupakan penyebab arteriosklerosis

Cara pemakaian: rebus 10 – 30 gr jamur kuping hitam kering, minum airnya. Atau bisa juga dijadikan sebagai campuran bahan makanan

DAUN JATI BELANDA
Rasa dari daun jati belanda ini agak kelat, bau aromatik lemah. Kandungan tanin pada daun jati belanda dapat mengerutkan selaput lendir usus sehingga mengurangi penyerapan lemak dari makanan.

Cara pemakaian: rebus 15 – 30 gr daun jati belanda, lalu minum airnya

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *