Minggu, September 23, 2018
Home > Berita Cilacap > Hujan Deras, Upacara Hari Sumpah Pemuda Dialihkan ke Pendopo Kabupaten

Hujan Deras, Upacara Hari Sumpah Pemuda Dialihkan ke Pendopo Kabupaten

Portalcilacap.com – Dikarenakan hujan deras yang turun di Cilacap, mengakibatkan pelaksanaan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-88 tahun 2016 di Kabupaten Cilacap, dialihkan ke Pendopo Kabupaten Cilacap,  Jum’at (28/10).

Upacara Hari Sumpah Pemuda tersebut, dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap, SKPD serta pemuda pemudi perwakilan dari instansi pendidikan se – Kabupaten Cilacap.

portalcilacap-com_upacara1

Bertindak sebagai pemimpin upacara, yakni Robertus dari AMN, Rika Pembaca UUD 1945, Pembaca Teks Keputusan Konggres Pemuda Indonesia Wahyu Diantoro dan Pembaca Prasetya Pemuda Cilacap Katarina Riska V dan di iringi regu drum band dari SMP PGRI Cilacap.

Dalam amanatnya, Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan, selaku Inspektur Upacara, membacakan Amanat tertulis dari Menteri Pendidikan dan Olahraga Imam Nahrawi, bahwa peringatan hari sumpah pemuda tahun ini diharapkan menjadi moment penghargaan kepada Bung Karno,  bapak bangsa sekaligus tokoh pemuda masa itu. Beliau juga sempat menirukan kalimat Bung Karno yang sangat terkenal.

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” kata Danlanal menirukan Bung Karno.

Pada kesempatan tersebut pula, ia mengatakan, bahwa Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia yang di pelopori oleh anak-anak muda pada saat itu.

“Sumpah Pemuda merupakan momentum untuk membangun komitmen bangsa untuk tetap bersatu,” kata Danlanal.

Lebih lanjut, ia juga menyerukan kepada pemuda – pemudi, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, bahwa ikrar sumpah pemuda diharapkan menjadi motifasi bagi semua untuk berjuang menuju indonesia yang maju, berdikari dan disegani bangsa lain.

“Jangan biarkan negara lain menertawakan kita, jangan biarkan negara lain melecehkan kita, buat mereka terdiam dengan prestasi kita, dengan kemajuan kita. Mari kita bersatu padu untuk memajukan indonesia secara menyeluruh.” pungkasnya.(rs/urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *