Rabu, Oktober 24, 2018
Home > Info Kesehatan > Alang – Alang Bisa Mengobati Asma, Begini Caranya…

Alang – Alang Bisa Mengobati Asma, Begini Caranya…

Pembaca yang budiman, pasti tahu dengan tanamna yang satu ini. Ya, Alang-alang atau gulma yang mimiliki daun tajam ini sering dianggap tanaman pengganggu di lahan pertanian. Nama ilmiah Alang-alang adalah Imperata cylindrica, anak suku Panicoideae.

Namun, tanaman alang-alang ternyata memiliki bermacam manfaat bagi tubuh, terutama dibagian akar. Dengan pengolahan yang di lakukan secara tradisional tumbuhan ini dapat di manfaat sebagai obat herbal.

Salah satu manfaat alang-alang yakni bisa untuk obat asma. Nah, bagi pembaca yang ingin tahu cara pengolahannya, bava artikel hibgga selesai.

Mengolah alang-alang untuk obat asma bisa dengan cara sebagai berikut :

Siapkan kurang lebih 100 gram akar alang-alang yang sudah dicuci bersih. Siapkan pula 25 gram kencur, 25 gram daun sirih. Setelah semua bahan sudah siap, kemudian rebus dengan 1 liter air hingga airnya tinggal setengah. Saring lalu masukkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air jeruk nipis, minum sekaligus sebelum tidur malam.

Selain dapat mengobati asma, ternyata alang-alang juga bisa digunakan untuk obat diare. Sebagai bonus, admin akan menuliskan resep obat diare dari akar alang-alang.

Siapkan 250 gram akar alang-alang yang sudah dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Lalu, minum 1 gelas airnya setelah buang air besar.

Demikian Info Kesehatan tentang manfaat alang-alang. Semoga pembaca dapat mengambil manfaat dari artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *