Selasa, Desember 12, 2017
Home > BERITA > Akses Menuju Lokasi Rusak, Lokawisata Kemit Forest Butuh “Sentuhan” Pihak Terkait

Akses Menuju Lokasi Rusak, Lokawisata Kemit Forest Butuh “Sentuhan” Pihak Terkait

Sidareja – Kawasan wisata alam has hutan pinus di wilayah Desa Karanggedang Kecamatan Sidareja, Cilacap, yakni Kemit Forest Education memang bukan hal baru.

Sudah hampir setahun yang lalu, kawasan hutan pinus milik Perhutani disulap menjadi daerah wisata oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Karanggedang. Selain menyajikan pemandangan khas pegunungan, wahana bermain serta spot untuk berfoto yang dibentuk sedemikian rupa memang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan khususnya kaum muda.

image
Pintu masuk Kemit Forest Education di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Cilacap

Pentolan Kemit Forest, Heri Subagiyo saat ditemui, Minggu (13/8) menjelaskan, sejauh ini pihaknya baru menggandeng Perhutani KPH Sidareja terkait perijinan dan pengelolaan tempat wisata. Namun kedepan, pihaknya berharap Dinas Pariwisata Kabupaten Cilacap dapat melirik lokawisata Kemit Forest untuk dikembangkan.

Lebih lanjut, Heri mengatakan, dalam waktu dekat pihak swasta akan mengucurkan dana guna menambah wahana baru di Kemit Forest Education. Tetapi, masih menurut Heri, kucuran dana dari swasta hanya terbatas untuk pengadaan wahana permainan baru, bukan untuk akses jalan dan listrik.

Diketahui, akses jalan menuju lokawisata Kemit Forest masih terlampau sulit. Selain jalur menanjak, aspal jalan yang mengelupas menyisakan bebatuan menyulitkan calon wisatawan yang akan menuju Kemit Forest.

“Kalau untuk jalan (akses) dan listrik tidak termasuk dalam investor. Tapi kemarin ada kunjungan Anggota Dewan sudah merencanakan mau mengembangkan juga wisata Kemit Forest. Saya harap kedepan itu direalisasikan jalan, listrik dan drainase,” kata Heri.

Menurut Heri, selain pihak swasta, dukungan Dinas Pariwisata nantinya juga menjadi bagian terpenting untuk kelangsungan lokawisata Kemit Forest Education agar menjadi ikon wisata di Cilacap Barat.

Reporter : Rachman Syarif/Joko Kebluk

(Visited 462 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *