Selasa, Februari 20, 2018
Home > Info Teknologi > 7 Kebiasaan Saat Ngecas HP yang Dapat Merusak Ponsel, dan Kamu Pasti Sering Melakukannya

7 Kebiasaan Saat Ngecas HP yang Dapat Merusak Ponsel, dan Kamu Pasti Sering Melakukannya

Portalcilacap.com – Mungkin kamu sering merasakan kalau ponsel jaman sekarang cepat sekali rusak, dan mengira kalau produk-produk jaman sekarang ini tidak berkualitas, tapi pernakah kamu sadari bahwa kerusakan pada ponsel itu sendiri pasti tidak lepas dari bagaimana cara pemakaian penggunanya dalam menggunakan ponselnya.

Pasalnya sebagian besar kerusakan smartphone itu lebih didominasi karena pemakaian yang sangat ceroboh dan tidak benar. Salah satunya adalah cara charging atau pengecasan smartphone.

Bayak orang tidak menydari bahwa kerusakan smartphonenya adalah karena kesalahan mereka sendiri dalam mencharger smartphone mereka.

Kemudian sebagian orang itu menganggap bahwa ngecharge smartphone itu adalah hal yang sangat sepele. Padahal butuh kehati-hatan yang lebih kalu tidak ingin smartpone kita tidak cepat rusak.

Nah oleh karena itu kamu perlu tahu nih tujuh kesalahan cara ngecharge HP. Apa saja itu ? Simak ulasan yang berikut ini, seperti dilansir dari Brilio.net.

  1. Ngecas HP hingga 100%

Pasti kamu atau kebanyakan pengguna smartphone meyakini jika mengisi baterai ponsel harus hingga 100%. Padahal hal itu salah loh. Para ahli menyarankan agar mengisi baterai ponsel hanya dalam30% hingga 80% saja. Karena muatan penuh hingga 100% akan memberikan daya yang berlebihan saat gadgetmu digunakan.

  1. Membiarkan HP mati karena kehabisan baterai.

Kamu sering sekali kan membiarkan smartphone kamu mati karena kehabisan baterai. Kebiasaan ini bisa merusak ponsel kamu loh. Sebab, membiarkan ponsel sampai mati total akan membuat  ion lithium dalam baterai mudah menguap dan rusak.

  1. Ngecas HP dekat elektronik lainnya yang panas.

Mengecas ponsel sebaiknya tidak dilakukan dekat dengan eletronik lainnya yang panas seperti  kulkas, televisi atau laptop yang menimbulkan panas dalam waktu lama.

  1. Menggunakan power bank terlalu sering.

Sebaiknya kamu jangan terlalu sering menggunakan power bank untuk membantu mengisi daya ponsel kamu. Gunakan saja power bank pada keadaan mendesak.

  1. Ngecharge HP tanpa melapas dulu casing pelindung.

Kesalahan ini sangat sering dilakukan oleh banyak pengguna smartphone. Mengecas ponsel ternyata harus melepas ponsel kamu dari casing pelindungnya terlebih dahulu. Ini karena agar panas pada sisi bawah ponsel tidak tertahan oleh casingnya.

  1. Membackup data sampil ngecharge.

Jika kamu menggunakan aplikasi khusus untuk membackup data, pastikan saat lagi ngecas aplikasi tersebut tidak sedang digunakan ya.

  1. Menggunakan charger palsu.

Menggunakan charger palsu itu bukanlah pilihan yang terbaik. Karena menggunakan charger palsu akan merusak ponsel kamu  secara perlahan.

Itulah dia ke-tujuh kesalahan dalam mencharger ponsel yang sering dilakukan. Pengen HP-mu tidak cept rusak? Mulai sekarang tinggalin tuh tujuh kebiasaan tadi. (sh/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *