Kamis, Desember 14, 2017
Home > Info Kesehatan > 6 Manfaat Singkong Bagi Tubuh

6 Manfaat Singkong Bagi Tubuh

Portalcilacap.com – Berbuka puasa terkadang kurang lengkap rasanya jika tidak ada kolak di meja makan. Kolak, memang makanan yang mendadak tenar di bulan Ramadhan.

Berbagai macam bahan untuk membuat makannan yang satu ini. Namun, singkong lah, yang kerap kali menjadi bahan pokok untuk membuat makanan lezat manis dan mengandung berbagai manfaat.

Salah satunya yang menjadi sumber manfaat adalah singkong itu sendiri, singkong yang biasa ditanam dibelakang rumah atau kebun ternyata mengandung sedikitnya enam manfaat didalamnya. Seperti yang sudah dirangkum dari manfaat.co.id untuk Anda simak.

1. Singkong mengandung hampir dua kali lipat kalori daripada kentang, mungkin salah satu yang tertinggi untuk setiap umbi yang kaya pati. 100 gram singkong menyediakan 160 kalori. Kalori terutama berasal dari sukrosa, membentuk sebagian besar dalam umbi ini terhitung lebih dari 69% dari total gula. Gula kompleks amilosa lain adalah sumber karbohidrat utama (16-17%).

2. Singkong sangat rendah lemak dibandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan. Meskipun demikian, ia memiliki lebih banyak protein daripada sumber makanan tropis lainnya seperti pada manfaat ubi, kentang dan pisang.

3. Seperti dalam akar dan umbi-umbian lainnya, singkong juga bebas dari gluten. Makanan yang bebas pati, banyak digunakan dalam persiapan makanan khusus untuk pasien penyakit celiac.

4. Selain singkong, daun muda yang lembut merupakan sumber protein dan vitamin K. Vitamin K-memiliki peran potensial dalam membangun massa tulang dengan mempromosikan aktivitas osteotrophic dalam tulang. Hal ini juga telah membentuk peran dalam pengobatan pasien penyakit Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

5. Singkong merupakan sumber moderat dari beberapa kelompok vitamin B-kompleks yang berharga. Seperti folat, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat.

6. Singkong adalah salah satu sumber utama dari beberapa mineral penting seperti seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong juga memiliki jumlah kalium yang cukup (271 mg per 100g atau 6% dari RDA). Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah.

Bagaimana, tertarik untuk gemar makan berbahan dasar singkong?

(Rsh)

(Visited 48 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *